Jilbab, Hijab, Kerudung, Apa Bedanya ??

 Jilbab, Hijab, Khimar (kerudung), Apa bedanya ?? – Sebelum dalam membahas dan memberi tips kepada hijabers kita harus menambah wawasan sedikit perihal Jilbab, Hijab, dan Khimar (kerudung). Di indonesia sendiri banyak yang belum tau arti Hijab, Khimar (kerudung) dan Jilbab, di penduduk pedesaan terutama, jikalau perempuan menggunakan Hijab Pashmina, Baju Gamis dan lain-lain tetap saja masih ada yang bilang menggunakan kerudung. dan permasalahan ini pun tidak di permasalahkan oleh penduduk islam indonesia. Karna yang terpenting cara berpakaiannya lah yang baik dan benar, serta tidak hiperbola dalam mengenakan asesoris pakaian pada perempuan menyerupai gelang emas, kalung emas, dll. itu berdasarkan penduduk islam di indonesia. Akan tetapi untuk menambah wawasan sedikit tidak ada salahnya kan.. kita membahas Jilbab, Hijab, Khimar (kerudung), Apa bedanya ?? langsung saja kita bahas..
Hijab
Menurut wikipedia.org, hijab (bahasa Arab: حجاب ħijāb) ialah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang dan berlaku aneka macam sumber di internet. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata “hijab” lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh perempuan muslim.
Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih sempurna merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.
Ada yang menyatakan juga bahwa setiap jilbab ialah hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yang tampak. Seperrti dijelaskan di atas, hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab ialah benda yang menutupi sesuatu.
Hijab berdasarkan Al Quran artinya epilog secara umum, bisa brupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya. Memang terkadang kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab.
Adapun makna lain dari hijab ialah sesuatu yang menutupi atau menghalangi dirinya. Hijab biasa juga digunakan sebagai pembatas interaksi dikala sedang syuro. Pernah lihat ada yang rapat dgn menggunakan Hijab? Jika memang ada tegur dia.. masih waras tidak?  heheee
Jilbab

Menurut wikipedia.org, jilbāb (Arab: جلباب ) ialah busana muslim susukan panjang menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para perempuan muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab (dalam arti menyerupai ditunjukkan dalam pengertian hijab di atas).
Jadi, jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Hal ini tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…
Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, jilbab berarti selendang atau pakaian lebar yang digunakan perempuan untuk menutupi kepada, dada dan kepingan belakang tubuhnya.
Dapat kita ambil kesimpulan bahwa jilbab pada umumnya ialah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh kepingan tubuh. Sebagaimana disimpulkan oleh Al Qurthuby: “Jilbab ialah pakaian yang menutupi seluruh tubuh.” Kecuali wajah dan telapak tangan.
Adapun #jilbab dalam surat Al-Ahzab (33) : 59, sebenarnya ialah baju longgar yang menutupi seluruh tubuh perempuan dari atas hingga bawah.

jibab syariat islamKhimar
Khimar atau khumur atau kerudung/kudung di dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31: “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31) ”
Khimar menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada perempuan dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).
Khimar merupakan pakaian atas atau epilog kepala. Desain pakaian ini yaitu menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada perempuan dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).
Khimar ini tidak diikatkan ke leher menyerupai kerudung, alasannya ialah jikalau hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Makara khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi.
Khimar seringkali disebut kerudung, tapi sebetulnya berbeda. Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31. Khimar adalah apa yang sanggup menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka.
Apa beda khimar dan kerudung atau kudung?
Khimar dan kerudung kok jadi beda ?? tenang-tenang saya jelaskan kenapa berbeda.
Kerudung hampir menyerupai dengan khimar, namun kerudung tidak dianjurkan dalam Islam. Sebab, desain kerudung cuma sebagai epilog kepala saja. Kerudung yang hanya sebagai epilog kepala, tidak sepanjang khimar yang bisa menutupi dada perempuan sekaligus.
Kerudung hanya menutup kepala atau leher saja, akan tetapi bentuk lekuk tubuh pada kepingan leher dan dada masih terlihat.
CADAR
Kain epilog muka atau sebagian wajah wanita, dimana hanya matanya saja yang nampak, bahasa arabnya khidir atau tsiqab, sinonim
PURDAH
Dapat diartikan dengar burdah yaitu pakaian luar atau tirai berjahit, menyerupai dengan ‘abaaah/’abaayaa.
MUKENA/ RUKUH
Saat ditanya apasih mukena, niscaya umumnya akan menjawab “pakaian yang biasa digunakan perempuan utk sholat”. Mukena (rukuh) berdasarkan pengertian banyak orng memang diartikan kain selubung (baju kurung) bagi perempuan yang diggunkan khusus dikala shalat. Padahal sebetulnya tidak ada pakaian khusus untuk dipakaian dalam shalat, sebagaimana tidak ada pakaian khusus untuk para lelaki yang digunakan dikala shalat. Yang dimaksud kain selubung/baju kurung itu sebetulnya ialah jilbab itu sendiri.
Istilah mukena itu berasal dari bahasa arab yang asalnya muqna’ah/miqna’ah. Dan mukena ini sebetulnya lebih menyerupai kerudung ketimbang jilbab, hanya saja muqna’ah ini agak lebih panjang kebawah dibandingkan kerudung.
Yaah meskipun umumnya banyak yang mempunyai definisi berbeda perihal mukena ini, hal terpentingnya ialah busana Muslimat itu ialah busana yang digunakan sewaktu shalatnya: dengan kata lain pakaian di dalam shalat itu sama dengan busana muslimat yang digunakan seharihari. Walau ada sedikit perbedaan tapi keduanya sama: hanya menampakan muka/ wajah dan kedua telapak tangan samapai pergelangan tangan saja. Dan itulah Jilbab.
Sudah pada mengertikan Jilbab, Hijab, Kerudung, Apa bedanya ?? ditambah cadar purdah dan mukena.
dan pada dasarnya di masyarakat islam indonesia tidak mempermasalahkan apa nama, sebutan, dan pangilan sebuah pakaian. pepatah pun berkata Apa arti sebuah nama ?? yang terpenting dan terutama berpakaian lah dengan baik dan benar serta tidak berlebihan. karna allah menyayangi keindahan akan tetapi allah tidak menyayangi suatu yang hiperbola dan kekurangan.
Komentar
Loading...