Jilbab Syar’I Dan Baju Gamis

Jilbab syar’i

Jilbab besar ialah jilbab syar’i, yaitu jilbab yang menutup seluruh aurat, tidak menjadi embel-embel dan sentra perhatian, tidak tipis, tidak ketat, tidak mirip lelaki, tidak mirip wanita-wanita kafir, tidak berparfum dan bukan termasuk pakaian syuhrah. Pakaian syuhrah ialah setiap pakaian yang digunakan dengan tujuan untuk meraih popularitas di tengah-tengah orang banyak, baik pakaian tersebut mahal (yang digunakan seseorang untuk berbangga dengan dunia & perhiasannya) maupun pakaian yang bernilai rendah (yang digunakan seseorang untuk menampakkan kezuhudannya dan dengan tujuan riya’). (Imam Asy Syaukani dalam Nailul Athar II/94)

Adapun jilbab biasa ialah sama dengan di atas, namun dengan ukuran yang sedang, tidak sebesar jilbab di atas. Hukum jilbab mirip ini ialah tidak mengapa, asal sifat-sifat yang ada pada jenis pertama (menutup seluruh aurat, tidak menjadi embel-embel dan sentra perhatian, tidak tipis, tidak ketat, tidak mirip lelaki, tidak mirip wanita-wanita kafir, tidak berparfum dan bukan termasuk pakaian syuhrah) masih dapat dipertahankan.

BAJU GAMIS

Gamis ialah salah satu jenis busana muslimah yang sering dipakai, yakni berupa busana muslim dengan model baju akses yang panjangnya hingga ke mata kaki. Disamping lebih nyaman digunakan sebab terasa longgar di pinggang, orang yang menggunakan gamis pun terlihat lebih bagus dan feminin. Terlebih pada ketika ini, model gamis lebih banyak pilihan, sebab ditambah dengan detil-detil yang manis, sehingga menciptakan penampilan gamis semakin menawan.

Agar memanjakan para penggemar baju gamis ini, para perancang mode sekarang berlomba untuk menciptakan bermacam-macam busana muslimah dengan model dasar gamis, bentuknya yang lebar memperlihatkan kebebasan untuk melaksanakan banyak sekali modifikasi baik dari sisi model maupun sumbangan aksen. Di sisi lain, gamis juga lebih memiliki penggunaan yang luas, dari mulai digunakan untuk acara non formal, semi formal hingga yang formal.

Baju Gamis dari materi katun dengan model sederhana dapat digunakan untuk acara sehari-hari, sedangkan untuk program yg lebih formal, gamis yang memang sudah punya pembawaan bagus mirip longdress tinggal melaksanakan pembiasaan pada bahannya saja.

Gunakan kain yang memperlihatkan kesan glamor dan elegan mirip materi satin, nepsilk atau brokat, atau dapat juga dikombinasikan dengan aplikasi-aplikasi berupa selendang organdi, obi sutra, bordir atau taburan payet.

gamis pun tidak harus identik dengan nuansa timur tengah, ketika ini kombinasi gamis berbahan batik dengan kain katun polos berwarna, yang sesuai dengan warna dasar batik ialah pilihan yang dapat menjadi koleksi busana pesta Anda.

Gamis yang gres muncul ketika ini ialah dengan pemasangan cappucon, yaitu berupa tudung kepala, yang nantinya dikombinasikan dengan kerudung atau selendang.

Komentar
Loading...