Peringatan Untuk Muslimah, Jangan Unggah Foto Berbaju Putih Dan Tipis

492

Para muslimah yang suka mengunggah foto di internet patut waspada. Foto yang tadinya menggunakan baju, terutama yang berwarna putih dan kainnya tipis, ternyata sanggup ‘ditembus’ sehingga menjadi transparan.

Salah satu fenomena yang marak di kala media umum dan smartphone ialah selfie, kemudian mengunggah foto tersebut ke internet atau membagikannya melalui media sosial, baik Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram maupun media umum mikro menyerupai WhatsApp dan BBM. Tidak sedikit muslimah yang juga larut dalam fenonema ini.

Yang berbahaya, melalui aktivitas editor foto menyerupai Photoshop, foto yang bergotong-royong menggunakan baju sanggup disulap menyerupai tak berbaju. Melalui tool yang diistilahkan dengan X-Ray, baju yang digunakan seseorang dalam foto sanggup dibentuk lebih transparan.

X-Ray bukanlah mengedit foto usang dengan pemanis foto gres menyerupai kepala seseorang digabung dengan badan orang lain. Namun, benar-benar pakaian, wajah dan badan orang tersebut.Tool tersebut bergotong-royong berfungsi untuk memperjelas warna atau potongan yang samar dan mempertegas apa yang tadinya terlihat belum jelas, bukan benar-benar menembus apa yang tidak kelihatan.

Karenanya, X-Ray hanya akan berhasil pada pakaian yang tipis, yang menawarkan kurang jelas apa yang berada di baliknya.

Teknik kerja tool tersebut bergotong-royong ialah men-adjustment warna, kontras, dan detil foto. Melalui beberapa klik dan drag, potongan dan warna yang sebelumnya samar sebab terhalang baju tipis, sanggup menjadi jelas. Dan pakaian yang tipis sanggup dibentuk menjadi lebih ‘transparan’.

Oleh sebab itu, para muslimah disarankan saat berfoto atau selfie, tidak menggunakan baju atau pakaian yang tipis, terutama yang berwarna putih.

Meskipun, pada beberapa percobaan, ternyata warna lain pun sanggup di-‘transparan’-kan. Atau kalau perlu foto, hanya potongan atas (di atas dada). Tentu yang lebih ideal ialah tidak mengunggah foto dirinya di internet atau media sosial.